1. Buatlah algoritma untuk menentukan nilai terbesar dari bilangan bu
keyboard dan menuliskan hasilnya ke layar! ALgoritma dibuat dalam bentuk kalimat
deskriptif, pseudocode dan flowchart.
2. Buat algoritma dalam bahasa deskriptif dan flowchart untuk kegiatan mengambil dan
menabung uang di bank melalui tell
3. Buat algoritma dalam bahasa deskriptif dan pseudocode untuk menentukan apakah suatu
bilangan merupakan bilangan genap atau ganjil!
4. Membuat flowchart untuk proses pembuatan kopi yang rasa manisnya tepat
5. 2. membuat flowchart mengurutkan 3 bilangan acak
6. Buat algoritma untuk menghitung nilai N suku dari deret aritmatika berikut:
Sn = 3+7+11+…+(4n-1)
7. Lengkapi penulisan flowchart berikut ini:
8. Analisalah potongan algoritma dibawah ini! Apakah tujuan algoritma ini? Selanjutnya
ubahlah potongan algoritma berikut ini menjadi sebuah flowchart!
1. const PI := 3.14
2. var radius, volume : real
3. put “please enter...”..
4. get radius
5. volume := (4/3)*PI*radius**3
6. put “”
7. put “The volume is”, volume
9. Lengkapi kerangka flowchart dibawah ini berdasarkan potongan algoritma yang ada!
10. Analisalah flowchart dibawah ini dan selanjutnya lengkapilah trace table!.
jawaban
1.
Kalimat
Deskriptif
|
Pseudocode
|
Masukkan bilangan pertama
|
Input bilangan a
|
Masukkan bilangan kedua
|
Input bilangan b
|
Apakah bilangan pertama > dari
bilangan kedua
|
|
Jika ya, maka hasil adalah bilangan
pertama
|
if a>b then print “Bilangan
terbesar=%f”,a
|
Jika tidak, maka hasil adalah bilangan
kedua
|
if a>b then print
“Bilangan terbesar=%f”,b
|
Tampilkan hasil
|
2. Kalimat deskriptif:
a. Masuk ke dalam bank tertentu
b. Mengambil nomor antrian
c. Mengisi formulir
d. Jika menabung, maka menyerahkan
formulir dan uang kepada teller
e. Jika mengambil uang, maka menyerahkan
formulir dan menerima uang dari teller
3.
Kalimat
Deskriptif
|
Pseudocode
|
Masukkan Sebuah bilangan
|
Input bilangan
|
Bilangan dibagi 2
|
Hasil = bil/2
|
Jika hasil = 0, maka bilangan genap
|
if hasil=0 then print
“Bilangan genap
|
Jika hasil ≠ 0, maka bilangan ganjil
|
if hasil≠0 then print “Bilangan
genap
|
6.
7.
8.
Tujuan algoritma adalah untuk menghitung volume bola.
9.
10
X
|
Y
|
SUM
|
1
|
1
|
2
|
1
|
2
|
3
|
2
|
3
|
5
|
3
|
5
|
8
|
5
|
8
|
13
|
8
|
13
|
21
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar