Senin, 22 Juni 2015

Algoritma

BAB II



1. Buatlah algoritma untuk menentukan nilai terbesar dari bilangan bu
keyboard dan menuliskan hasilnya ke layar! ALgoritma dibuat dalam bentuk kalimat
deskriptif, pseudocode dan flowchart.
2. Buat algoritma dalam bahasa deskriptif dan flowchart untuk kegiatan mengambil dan
menabung uang di bank melalui tell
3. Buat algoritma dalam bahasa deskriptif dan pseudocode untuk menentukan apakah suatu
bilangan merupakan bilangan genap atau ganjil!
4. Membuat flowchart untuk proses pembuatan kopi yang rasa manisnya tepat
5. 2. membuat flowchart mengurutkan 3 bilangan acak
6. Buat algoritma untuk menghitung nilai N suku dari deret aritmatika berikut:

Sn = 3+7+11+…+(4n-1)

7. Lengkapi penulisan flowchart berikut ini:








8. Analisalah potongan algoritma dibawah ini! Apakah tujuan algoritma ini? Selanjutnya
ubahlah potongan algoritma berikut ini menjadi sebuah flowchart!
1. const PI := 3.14
2. var radius, volume : real
3. put “please enter...”..
4. get radius
5. volume := (4/3)*PI*radius**3
6. put “”
7. put “The volume is”, volume



9. Lengkapi kerangka flowchart dibawah ini berdasarkan potongan algoritma yang ada!


10. Analisalah flowchart dibawah ini dan selanjutnya lengkapilah trace table!.

jawaban



1.       
Kalimat Deskriptif
Pseudocode
Masukkan bilangan pertama
Input bilangan a
Masukkan bilangan kedua
Input bilangan b
Apakah bilangan pertama > dari bilangan kedua

Jika ya, maka hasil adalah bilangan pertama
if a>b then print “Bilangan terbesar=%f”,a
Jika tidak, maka hasil adalah bilangan kedua
if a>b then print “Bilangan terbesar=%f”,b
Tampilkan hasil

Flowchart :




2.      Kalimat deskriptif:
a.      Masuk ke dalam bank tertentu
b.      Mengambil nomor antrian
c.       Mengisi formulir
d.      Jika menabung, maka menyerahkan formulir dan uang kepada teller
e.      Jika mengambil uang, maka menyerahkan formulir dan menerima uang dari teller


Flowchart:



3.       
Kalimat Deskriptif
Pseudocode
Masukkan Sebuah bilangan
Input bilangan
Bilangan dibagi 2
Hasil = bil/2
Jika hasil = 0, maka bilangan genap
if hasil=0 then print “Bilangan genap
Jika hasil 0, maka bilangan ganjil
if hasil0 then print “Bilangan genap
Flowchart :



4.      Flowchart :



5.      Flowchart :



6. 

7.






8. Tujuan algoritma adalah untuk menghitung volume bola.

9.







10

Trace Tabel


X
Y
SUM
1
1
2
1
2
3
2
3
5
3
5
8
5
8
13
8
13
21








Tidak ada komentar:

Posting Komentar